Where To Go In Lombok

Where To Go In Lombok – Kami memulai perjalanan kami di Indonesia di pulau Lombok. Lombok terletak di sebelah timur Bali dan tetap menjadi pulau yang jauh lebih alami dibandingkan tetangganya, yang dikenal sebagai “Bali Tua”. Ini adalah tujuan sempurna bagi para backpacker dan wisatawan yang mencari tempat terpencil. Itulah yang membuat kami pergi ke sana…tapi selain pemandangannya yang indah dan pantainya yang indah, kebaikan dan keramahtamahan penduduknya juga yang membuat kami terkesan! Saya mengajak Anda menjelajahi rencana perjalanan 10 hari Lombok kami antara snorkeling di antara penyu, menjelajahi budaya Sasak, dan mendaki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Rinjani, untuk pengalaman menginap yang tak terlupakan!

Kami memulai masa tinggal kami di Gili Asahan, sebuah surga kecil yang damai, jauh dari perhatian wisatawan. Gili Asahan adalah sebuah pulau kecil dengan populasi 80 orang di Teluk Sekotong, di barat daya Lombok, dekat yang disebut “Gili Rahasia”, pulau rahasia. Singkatnya, ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai perjalanan kami setelah penerbangan 30 jam!

Untuk sampai ke sana, taksi bandara menurunkan kami di Teluk Sekotong dan menaiki perahu nelayan kecil yang membawa kami langsung ke kaki hotel. Kami direkomendasikan Penyelaman Gili Asahan dan kami tidak kecewa! Di depan rumah kecil kami terdapat akuarium alami besar yang penuh dengan segala jenis karang dan ikan. Sungguh ajaib! Kita menghabiskan hari-hari kita dengan kepala di bawah air, mengenakan masker dan snorkel, dan sepenuhnya sendirian. Singkatnya, program dua hari pertama ini: istirahat, pantai dan snorkeling!

Lombok Travel Guide: Things To Know Before Visiting Lombok

Pilihan akomodasi sangat terbatas (setidaknya untuk saat ini ketika kami menyadari bahwa kompleks hotel telah dibangun di sisi lain pulau dengan vila pribadi), tetapi kami menemukan permata kecil kami dengan bungalow dengan pemandangan laut ini. Harganya memang agak mahal dibandingkan daerah lain di Lombok, tapi itu karena semuanya harus diimpor.

Pilihannya sangat terbatas, karena restoran di pulau ini hanya ada di tiga hotel yang ada. Kami mengunjungi restoran Pearl Beach Resort dan Gili Asahan Eco Lodge & Restaurant. Harga relatif lebih tinggi dibandingkan daerah lain di Lombok karena kami berada di pulau yang jauh dari segalanya. Kami tidak menemukan makanannya luar biasa, tapi itu bukan alasan Anda datang ke Asahan!

See also  Cara Mendownload Aplikasi Lucky Patcher Di Play Store

Setelah istirahat dua hari pertama, kami siap menjelajah Lombok. Kami memulai penjelajahan kami di selatan pulau, di sekitar Kuta (Koita, dilafalkan “kutta”). Ini adalah kawasan pariwisata yang paling berkembang dan memiliki banyak akomodasi dan restoran. Kuta adalah tempat yang populer bagi para digital nomad dan ekspatriat untuk keluar, bertemu wisatawan lain, dan mencari akomodasi bergaya. Bahkan kurang turis dibandingkan Kuta di Bali. Kami lebih memilih untuk tinggal agak jauh, antara Kuta dan Selong Belanak, di Pantai Arijling. Tempat yang ideal untuk menjelajah antara desa dan sawah serta menjelajahi pesisir dan pantainya yang indah. Kami menyewa moped dan setelah terbiasa mengemudi di kiri (!) kami berangkat bersepeda dari timur ke barat. Secara pribadi, saya menyukai perasaan kebebasan yang diberikan skuter kepada kita karena skuter memungkinkan kita bertemu orang baru dan bergerak kapan pun kita mau!

Agenda dua hari ini (sangat singkat!): menjelajahi warung (restoran jalanan lokal Indonesia), pelajaran selancar di Selong Belanak (yang pertama bagi saya), matahari terbenam di pantai, berjalan melalui sawah dan sepanjang pantai dan Temui orang Sasak! Satu-satunya penyesalan kami: tidak tinggal lebih lama!

Best Beaches In Southern Lombok

Restoran lokal tidak selalu muncul di Google Maps, jadi saya sarankan Anda mampir ke restoran lokal jika Anda melihat penduduk setempat 🙂

Untuk leg ketiga di Lombok ini, kami pergi ke Lombok tengah, di kawasan Tetebatu, untuk bermalam di rumah penduduk setempat dan mengetahui lebih banyak tentang budaya Sasak (cari tahu lebih lanjut melalui postingan blog ini). Kecamatan Tetebato terletak di sebelah selatan Gunung Rinjani. Ini adalah pedesaan yang sangat hijau yang penduduknya sebagian besar hidup dari pertanian. Kami tiba di Tetebato pada sore hari di tengah hujan deras (jarang sekali saya melihat yang seperti ini!). Kami disambut hangat oleh Ronnie, tuan rumah kami yang seumuran dengan kami dan telah mendirikan wisma di sebelah rumahnya untuk menyambut wisatawan ke komunitasnya. Ronnie berbicara bahasa Prancis dan senang berbicara dengan kami serta berbagi kisah, latar belakang, dan karyanya. Kami tahu dari awal bahwa hanya satu malam di sini akan terlalu singkat, tetapi program kami penuh… sayang sekali! Pengalamannya begitu kaya sehingga saya memutuskan untuk menulisnya di artikel khusus (artikel segera hadir).

See also  Bison Battle Slot Demo

Malam pertama kami menyiapkan makanan bersama keluarga Ronnie. Kami memanggang ayam bakar tradisional (ayam panggang dengan santan, kari, bawang putih, dan saus sambal) dan itu – tanpa berlebihan – makanan terbaik selama kami tinggal di Indonesia (!!). Keesokan harinya, saya dan Ronnie berjalan-jalan melewati sawah dan ladang pertanian. Dia memperkenalkan kami ke daerahnya dan menjelaskan kepada kami semua aktivitas yang terjadi di sana (sawah, pertanian tomat, cabai, pohon alpukat, pohon pisang, kelapa). Setelah itu kami berjalan melewati pemandangan indah dengan pemandangan sungai Rinjani. Perjalanan ini membawa kami ke air terjun dan hutan tempat kami melihat banyak monyet howler (mengingatkan kami pada Kosta Rika), sebelum menetap di restoran lokal. Di penghujung hari, kami menyaksikan pembuatan minyak kelapa secara tradisional oleh keluarga Ronnie (bahan pokok masakan Indonesia). Kami sangat senang memiliki botol dan bisa memasak dengan minyak kelapa sejak kami kembali! Pengalaman untuk hidup!

Tentu saja ada banyak hal yang dapat dilakukan di kawasan Tetebato dan saya merekomendasikan untuk menghabiskan beberapa hari di sana. Perhatikan bahwa daerah ini menerima banyak hujan dan suhunya bisa lebih dingin daripada di pantai. Kegiatannya meliputi:

Best Ways: How To Get From Bali To Lombok

Kami tinggal bersama Ronnie dan keluarganya, yang berbicara bahasa Prancis, namun Anda juga dapat menemukan akomodasi lain di area tersebut.

Yang saya sukai adalah kami sebenarnya berada di dalam komunitas Sasak. Kami sebenarnya tinggal di desa sebelah sekolah dan masjid.

Catatan: Jangan ragu untuk menghubungi tuan rumah melalui WhatsApp untuk memesan kamar dan menghindari melalui platform pihak ketiga yang mengambil komisi.

Mendaki Gunung Rinjani mungkin merupakan kenangan terbaik selama kami tinggal di Lombok, atau setidaknya pengalaman paling berkesan! Awal yang baik bagi kami berdua: kami melakukan perjalanan dua hari mendaki kawah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia: Rinjani. Untuk menjalani pengalaman ini, kami melalui agen Jou Trekking setempat yang memandu kami dari awal hingga akhir dan menyediakan semua peralatan yang kami butuhkan. Agen menjemput kami di Tetebato dan membawa kami ke kaki Gunung Rinjani di desa Sinaru yang berada 600 meter di atas permukaan laut.

See also  Cara Mengedit Jpg Ke Word

Planning A Leisure In Lombok? Start Here!

Hari 1: Setelah tidur nyenyak di Sinaru, kami bangun jam 6 pagi. Kami sarapan untuk mendapatkan kembali kekuatan kami sebelum pemandu kami Lim datang menjemput kami untuk memulai pendakian ke kawah. Dibutuhkan total 6,5 jam pendakian – termasuk istirahat – untuk mencapai kawah setinggi 2.641 meter! Jadi kami mendaki lebih dari 2000m pada hari pertama (yang belum pernah saya lakukan sebelumnya!). Selain pemandu kami, Lim, beberapa “kuli angkut” memanjat kami dengan membawa peralatan berkemah dan makanan. Mereka menyiapkan makanan lezat untuk kami di perjalanan… Konsep yang sangat aneh tapi lumrah di Indonesia. Sesampainya di kawah, kami berada di tengah awan dan tidak bisa melihat banyak. Namun, kami sangat senang telah sampai di tempat tujuan dan suasananya unik! Namun yang paling penting dari semuanya… ini bukanlah akhir! Kami akan bermalam di tenda di kawah gunung berapi Rinjani. Malam akan sangat singkat karena kita mulai pendakian lagi pada jam 3 pagi untuk mencapai puncak kedua dan melihat matahari terbenam di Gunung Rinjani!

Hari 2: Hari dimulai pagi-pagi sekali pada pukul 2.50 pagi ketika Lim datang membangunkan kami dengan kopi. Beberapa saat kemudian kami berangkat dengan lampu depan untuk berjalan dua jam dalam kegelapan total. Untung saja langit berbintang dan bulan purnama menerangi puncak Gunung Rinjani dan pemandangannya indah sekali…wow! Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan perasaan yang kami alami. Begitu kami mencapai puncak kedua di ketinggian 3126 meter, kami mengagumi matahari terbit sedikit demi sedikit dan langit berubah warna. Singkatnya, itu sungguh sulit dipercaya

Where to go in batam, where to go in bandung, where to go in bogor, where to go in surabaya, where to go in jakarta, where to go in yogyakarta, where to stay in lombok, where to go in malang, where to go in seminyak, where to go in bali, where to go in ubud, lombok where to stay